Audiensi Pemartabatan Bahasa Negara di Lembaga Publik di Kota Bandung

 Audiensi Pemartabatan Bahasa Negara di Lembaga Publik di Kota Bandung

Bandung — Pada Senin, 29 April 2024 Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat, Dr. Herawati, M.A., didampingi KKLP Pembinaan dan Bahasa Hukum melakukan audiensi ke Sekretariat Daerah Kota Bandung. Audiensi ini diterima oleh Plh. Sekretaris Daerah Kota Bandung, Hikmat Ginanjar, M.Si. di Balai Kota Bandung.

Ibu Herawati menyampaikan maksud dan tujuan audiensi kepada para peserta yang hadir, yakni Pemartabatan Bahasa Negara di Lembaga Publik 2024. Di samping itu, Ibu Hera menuturkan bahwa pemartabatan bahasa negara di lembaga publik ini dalam rangka pengendalian penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik dan dokumen resmi lembaga. “Tahun ini merupakan tahun terakhir pendampingan dalam rangka pembinaan 45 lembaga sehingga pada akhir tahun nanti Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat akan ada pencanangan kawasan praktik baik berbahasa Indonesia,” ujar Herawati. Untuk itu, akan dipilih dari tiga ranah besar sasaran, yaitu lembaga publik, lembaga pendidikan, dan lembaga swasta, yang sudah diberikan pendampingan kebahasaan selama ini.

Audiensi yang sekaligus merupakan evaluasi pelaksanaan pembinaan 45 lembaga yang telah berjalan selama 2 tahun ini dihadiri oleh para pimpinan atau perwakilan OPD serta kepala sekolah di lingkungan pemerintahan Kota Bandung. Hikmat Ginanjar menyampaikan dalam sambutannya bahwa Pemerintah Kota Bandung siap berkomitmen dalam mendorong para perangkat daerah dan lembaga di pemerintahan Kota Bandung untuk mengutamakan dan penggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar yang menurutnya dinilai sangat penting. “Kita besar karena bahasa sendiri,” tutur beliau.

Seluruh hadirin antusias berdiskusi dan siap untuk menjalankan arahan terkait dengan kebahasaan di ruang publik dan dokumen resmi lembaga.

Postingan Terkait