Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat Melakukan Pembinaan Terhadap Tim Musikalisasi Puisi SMA Negeri 1 Ciamis

 Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat Melakukan Pembinaan Terhadap Tim Musikalisasi Puisi SMA Negeri 1 Ciamis

Ciamis—Pada 5 Juni 2023, Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat melakukan pembinaan terhadap tim musikalisasi puisi SMA Negeri 1 Ciamis. Tim dari SMA Negeri 1 Ciamis ini merupakan pemenang II Festival Musikalisasi Puisi Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023. Tim ini menjadi salah satu wakil Jawa Barat pada pentas Festival Digital Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Tim pembina musikalisasi puisi dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat disambut oleh Wakil Humas, Drs. H. Supyan Iskandar, M.Pd.; Wakil Kesiswaan, Iim Imansyah, M.Pd.; dan guru pembina tim musikalisasi puisi, Bani Ambara, M.Pd. Supyan Iskandar mengungkapkan rasa gembira dan ucapan terima kasih atas kunjungan, dukungan, serta apresiasi dari pihak Balai Bahasa Provinsi Jabar yang telah memberikan kesempatan kepada SMA Negeri 1 Ciamis untuk mewakili Jawa Barat ke tingkat nasional. Beliau juga menyampaikan dukungan sepenuhnya kepada tim musikalisasi puisi dengan berupaya memfasilitasi segala keperluan dan kebutuhan tim. Beliau juga berharap, tim musikalisasi puisi SMA Negeri 1 Ciamis mendapatkan prestasi terbaik di tingkat nasiona tahun ini.

Pembinaan ini diawali dengan penjelasan mengenai teknis dan ketentuan festival agar terhindar dari kelalaian teknis dalam pembuatan karya musikalisasi puisi yang dapat berakibat fatal. Hal ini disampaikan oleh perwakilaan tim pembina, Nandang R. Pamungkas, M.Pd. Selanjutnya, narasumber/pembina dari pihak sekolah (Bani Ambara, M.Pd.) menyampaikan pemaparan mengenai persiapan serta proses kreatif penggarapan karya musikalisasi puisi. Dilanjutkan dengan penyampaian arahan dari narasumber/pendamping yang merupakan akademisi sekaligus praktisi musikalisasi puisi, Dr. Hery Supiarza dan musisi, Panji Sakti.

Selanjutnya, tim musikalisasi puisi SMA Negeri 1 Ciamis menampilkan karya yang sedang digarap. Kemudian dilakukan diskusi antara tim dan narasumber/pendamping. Narasumber/pendamping memberikan tanggapan, masukan, saran, serta koreksi terhadap karya yang sedang digarap oleh tim. Selain itu, para pendamping musikalisasi puisi ini memberikan motivasi kepada seluruh anggota tim musikalisasi puisi SMA Negeri 1 Ciamis untuk menampilkan segenap potensi terbaik mereka.

Postingan Terkait