Balai Bahasa Selenggarakan Pembinaan Komunitas Penggerak Literasi di Kabupaten Sumedang

 Balai Bahasa Selenggarakan Pembinaan Komunitas Penggerak Literasi di Kabupaten Sumedang

Sahabat Bahasa, pada 4—5 Maret 2024, Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Komunitas Penggerak Literasi di Kabupaten Sumedang, bertempat di Hotel Kencana Jaya, Jalan Pangeran Kornel No. 216, Sumedang, Jawa Barat. Kegiatan ini mengambil tema “Menciptakan Ekosistem Masyarakat Berbudaya Baca-Tulis serta Cinta Bahasa dan Sastra”.

Sasaran kegiatan pembinaan ini adalah para pengelola/pegiat komunitas penggerak literasi (TBM) yang berada di Kabupaten Sumedang. Tercatat sebanyak lima puluh peserta perwakilan dari 46 komunitas penggerak literasi di Kabupaten Sumedang menjadi peserta dalam kegiatan ini. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kompetensi pengurus komunitas literasi. Para pengurus komunitas literasi diberi bekal dan pelatihan dalam hal penguatan manajemen komunitas literasi, penyusunan program komunitas literasi yang kreatif, pengoptimalan media sosial komunitas, penggunaan bahasa dalam media sosial, serta pemanfaatan media informasi/digital secara bijak dan cerdas.

Kegiatan diawali dengan penyampaian laporan kegiatan oleh Koordinator KKLP Literasi Balai Bahasa Provinsi Jabar, Nandang R. Pamungkas, M.Pd., dilanjutkan penyampaian sambutan dan pembukaan kegiatan secara resmi oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jabar, Dr. Herawati, S.S., M.A. Kegiatan hari pertama diisi dengan penyampaian materi “Kebijakan Program Literasi Balai Bahasa Provinsi Jabar” dan “Sosialisasi Bantuan Pemerintah untuk Komunitas Literasi” oleh Dr. Herawati, S.S., M.A. Kemudian materi berikutnya “Literasi Media Perlu Media Literasi” dan “Bijak Memanfaatkan Media Informasi dalam Upaya Menangkal Hoaks” disampaikan oleh Drs. Tendi K. Somantri.

Hari kedua kegiatan diisi dengan penyampaian materi “Optimalisasi Media Sosial Komunitas Literasi” dan “Penggunaan Bahasa Indonesia di Media Sosial” oleh Devyanti Asmalasari, M.Pd. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi “Penguatan Manajemen Organisasi FTBM” serta praktik baik “Penyusunan Program Komunitas Literasi Kreatif”. Pada pelaksanaan kegiatan hari kedua, peserta mendapat kejutan dengan kunjungan mendadak Pjs. Bupati Sumedang, Drs. Herman Suryatman, M.Si. Dalam kesempatan diskusi dengan peserta, beliau menyampaikan bahwa ada lima tingkatan kemampuan literasi: 1) membaca dan menulis, 2) mengetahui sumber buku, 3) memahami yang tersirat dan tersurat dari buku yang dibaca, 4) berpikir kreatif dan inovatif, 5) menghasilkan produk jasa dan barang.

Postingan Terkait