Dian Hendrayana

Dian Hendrayana adalah penyair berbahasa Sunda yang cukup ternama di Bandung. Penulis ini dilahirkan di Subang, 25 Februari 1971. Alumnus sastra Sunda Unpad ini menikah dengan Antun Hikmawati dan dikaruniai dua putra, Fajri Hendra Widagda dan Laili Hendra Apsari. Ia menulis dalam bahasa Sunda dan Indonesia. Tulisannya dimuat di Kompas, Pikiran Rakyat, Bisnis Indonesia, Suara Pembaruan, Mangle, Galura, Cupumanik, dan lain-lain. Lima kali mendapat hadiah LBSS dalam bidang puisi, esai, dan carpon yakni tahun 1997, 1999, 2000,2004, dan 2005. Ia juga pernah Juara I menulis carpon Paguyuban Pasundan 1997.

Selain menulis untuk media, ia juga menulis naskah oratorium, upacara, gending karesmen, serta rumpaka untuk tembang sunda cianjuran. Sejak mahasiswa ia memang aktif di kesenian, terutama karawitan dan teater, Pernah bergabung dengan LISES Unpad, Sanggar Tutuka pimpinan Enoch Atmadibrata, juga belajar tembang sunda cianjuran kepada Yayah Rochaeti dan Apung S.W.

Sekarang Dian Hendrayana bekerja di Bandung TV di bagian produksi, serta menjadi produser pada acara Dalingding Asih, Sekarmanis, Aksara Sunda, Mupukembang, serta menjadi presenter pada acara dialog budaya Sunda, Golempang. Selain itu, ia pun menjabat sebagai redaktur carpon Mangle.

Postingan Terkait