Duta Bahasa Jabar Dinobatkan Duta Bahasa Terbaik II di Pentas Duta Bahasa Nasional 2020

 Duta Bahasa Jabar Dinobatkan Duta Bahasa Terbaik II  di Pentas Duta Bahasa Nasional 2020

Perwakilan Duta Bahasa Jawa Barat Jawa Barat, Moch. Akbar Selamat dan Tjia Alphani Anugrah Putri, ditetapkan sebagai  terbaik II dalam pemilihan duta bahasa tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Keputusan tersebut diumumkan pada malam penganugerahan Duta Bahasa Nasional, Jumat 23 Oktober 2020 di Hotel Novotel Jakarta. Terbaik I diraih oleh perwakilan dari DKI Jakarta dan Terbaik III dari Provinsi Banten.

Moch. Akbar dan Tjia Alphani harus bersaing dengan peserta lain yang berasal dari perwakilan duta bahasa dari seluruh provinsi di Indonesia. Pemilihan Duta Bahasa bertujuan untuk mendapatkan barisan generasi muda yang cakap dan tangguh untuk mengawal dan memperkuat jati diri bangsa dan sastra Indonesia dan daerah serta sanggup memanfaatkan bahasa asing strategis sebagai sarana meningkatkan daya saing bangsa dalam pergaulan internasional.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat, Dr. Syarifuddin, sangat mensyukuri dan mengapresiasi prestasi Dubas Jabar di ajang pemilihan Dubas Nasional 2020. “Alhamdulillah, pada tahun 2020 ini Duta Bahasa Provinsi Jawa Barat mendapat peringkat II terbaik pada ajang pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional di Jakarta. Kami,  keluarga besar Balai Bahasa Provinsi Jabar, sangat mengapresiasi dan bahagia atas pencapaian yang luar biasa tersebut” kata Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat.

Suasana Malam Penganugerahan Duta Bahasa Nasional 2020 di Hotel Novotel Jakarta.

Syarifuddin juga berharap semoga yang didapatkan sekarang dapat dipertahankan atau bahkan dapat ditingkatkan lagi. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Duta Bahasa Provinsi Jabar, IKA Dubas Jabar,  dan pengarah/pendamping dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat  atas ikhtiar dan perjuangannya selama ini. Mari kita tetap bersinergi dan bersemangat dalam menjaga dan membangun bahasa, sastra, Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat, dan Jawa Barat” kata Syarifuddin.

Sementara itu, Pembina Duta Bahasa Jabar, Ade Mulyanah, mengatakan bahwa penilaian dalam pemilihan duta bahasa tingkat nasional tahun ini lebih menekankan pada krida atau karya kegiatan. Menurut Ade, hal inilah penilaian yang paling diandalkan. Ade menjelaskan, krida duta bahasa Jawa Barat menampilkan “Anggakara si Robot Bincang”.  “Ini sebuah karya yang sangat luar biasa dengan aplikasi yang kekinian, yaitu aplikasi kebahasaan dan kesastraan dengan aplikasi Line.  Sebuah aplikasi tanpa admin,  tetapi menggunakan robot secara otomatis dengan menggunakan kecerdasan buatan” kata Ade Mulyanah.

Ade menambahkan, Anggakara  inilah yang membuat para juri menempatkan Dubas Jabar sebagai terbaik II, walaupun tentunya ada penilaian lain,  seperti  pengetahuan kebahasaan dan kesastraan,  kemampuan wicara publik,  kemampuan bakat seni dan budaya,  serta kepribadian, selain krida. “Ini merupakan ajang berat untuk mengalahkan provinsi-provinsi  lain yang tentunya orang-orang terbaik.  Perolehan prestasi  Jawa Barat sebagai terbaik II  juga merupakan hasil kerja sama dan dukungan semua anggota IKA Dubas Jabar, semua staf Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat, selain tentunya dukungan dan doa semua masyarakat Jawa Barat” kata Ade Mulyanah.

Pembina Duta Bahasa Jawa Barat, Ade Mulyanah (tengah), ketika mendampingi perwakillan Dubas Jabar, Moch. Akbar Selamat (kiri) dan Tjia Alphani Anugrah Putri (kanan) pada malam penganugerahan Duta Bahasa Nasional, di Hotel Novotel Jakarta.

Berikut ini urutan peringkat selengkapnya pada malam penganugerahan Duta Bahasa Nasional tahun 2020, di Hotel Novotel Jakarta.

  1. DKI Jakarta
  2. Jawa Barat
  3. Banten
  4. Sumatera Barat
  5. Kalimantan Tengah
  6. Jawa Tengah

Pemenang Harapan

I Kalimantan Barat

II Bangka Belitung

III Kaltim&Kaltara

IV Sumatera Selatan

Pemenang Favorit: Lampung.

(ds)

Postingan Terkait