Pelaksanaan UKBI Adaptif Merdeka di SMP Islam Bhakti Asih

 Pelaksanaan UKBI Adaptif Merdeka di SMP Islam Bhakti Asih

Kabupaten Bandung—Sahabat bahasa, sejak 8 Februari 2023, siswa kelas 7, 8, dan 9 SMP Islam Bhakti Asih Kabupaten Bandung melaksanakan UKBI Adaptif untuk mengukur tingkat kemahiran berbahasa Indonesa mereka.
Ira Rachmayanti Sukanda, M.Pd., Guru Bahasa Indonesia yang menjadi koordinator pelaksanaan UKBI di SMP Islam Bhakti Asih, mengungkapkan bahwa sebagai guru bahasa Indonesia, merasa sangat senang dan bangga dengan adanya UKBI. Apalagi, sekarang UKBI sudah dilaksanakan di sekolah-sekolah. “Dulu saya mengenal UKBI saat berkuliah di UPI karena menjadi salah satu persyaratan sidang. Tentunya, setelah kurang lebih 3 tahun melaksanakan UKBI di sekolah, hasilnya sangat membantu saya dalam mengajar”, kata Ira. Ira berharap, sertifikat UKBI yang siswa peroleh dapat berkelanjutan. Harapan Ira, sertifikat UKBI siswa yang memiliki skor dan predikat uji tinggi dapat menjadi nilai tambah siswa dalam persyaratan memasuki jenjang pendidikan sekolah negeri yang lebih tinggi. Lebih lanjut, Ira berharap agar mulai saat ini masyarakat lebih mengutamakan UKBI daripada ToEFL agar bahasa Indonesia menjadi lebih bermartabat dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Dindin Samsudin, Koordinator KKLP UKBI di Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat, mengungkapkan bahwa SMP Islam Bhakti Asih Kabupaten Bandung setiap tahun selalu mengukur kemahiran berbahasa Indonesia para siswa melalui UKBI Adaptif Merdeka. Menurut Dindin, selain untuk mengukur kemahiran berbahasa Indonesia siswa sesuai dengan standar kemahiran berbahasa berdasarkan Permendikbud No. 70 Tahun 2016, UKBI Adaptif juga merupakan alat uji yang tepat untuk mengukur tingkat literasi siswa, khususnya kemahiran membaca siswa. Dalam UKBI, terdapat soal khusus untuk menguji keterampilan membaca peserta uji. Setiap peserta uji akan mendapatkan sertifikat digital UKBI Adaptif dan tafsiran kemahiran berbahasa berdasarkan skor hasil ujinya.

Sahabat Bahasa, Anda Ingin mengukur tingkat kemahiran berbahasa Indonesia atau mengetahui tingkat literasi membaca siswa Anda? Silakan ukurlah kemahiran berbahasa Indonesia mereka melalui UKBI Adaptif Merdeka Pelajar secara gratis. UKBI Adaptif dapat menjadi tolok ukur tingkat literasi membaca siswa.

Postingan Terkait