Pelaksanakan UKBI Adaptif di SMA Negeri 1 Ngamprah

 Pelaksanakan UKBI Adaptif di SMA Negeri 1 Ngamprah

Kabupaten Bandung Barat—Pada 12 April 2023, 100 siswa kelas 10 dan 11 SMA Negeri 1 Ngamprah Kabupaten Bandung Barat melaksanakan UKBI Adaptif untuk mengukur tingkat kemahiran berbahasa Indonesa mereka. Rika Melia, guru di SMAN 1 Ngamprah, mengatakan bahwa UKBI bagi pelajar SMAN 1 Ngamprah sangat bermanfaat karena UKBI merupakan sarana uji untuk mengukur kemahiran siswa dalam berbahasa Indonesia. Menurut Rika, tes UKBI di SMAN 1 Ngamprah bertujuan untuk menguji kemahiran siswa dalam memahami dengaran dan bacaan. Selain itu, tes UKBI juga menguji pemahaman seseorang dalam penerapan kaidah berbahasa Indonesia. Rika berharap program tes UKBI bagi siswa SMAN 1 Ngamprah akan terus berlanjut pada tahun depan agar kemahiran berbahasa siswa SMAN 1 Ngamprah dapat terus dievaluasi dan ditingkatkan.
Dindin Samsudin, Koordinator KKLP UKBI di Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat, mengungkapkan bahwa pelaksanaan UKBI siswa SMAN 1 Ngamprah dibagi dalam dua sesi uji, yaitu pukul 8 da 10. Menurut Dindin, selain untuk mengukur kemahiran berbahasa Indonesia siswa sesuai dengan standar kemahiran berbahasa berdasarkan Permendikbud No. 70 Tahun 2016, UKBI Adaptif juga merupakan alat uji yang tepat untuk mengukur tingkat literasi siswa, khususnya kemahiran membaca siswa. Dalam UKBI, terdapat soal khusus untuk menguji keterampilan membaca peserta uji. Setiap peserta uji akan mendapatkan sertifikat digital UKBI Adaptif dan tafsiran kemahiran berbahasa berdasarkan skor hasil ujinya.
Sahabat Bahasa, Anda Ingin mengukur tingkat kemahiran berbahasa Indonesia atau mengetahui tingkat literasi membaca siswa Anda? Silakan ukurlah kemahiran berbahasa Indonesia mereka melalui UKBI Adaptif Merdeka Pelajar secara gratis. UKBI Adaptif dapat menjadi tolok ukur tingkat literasi membaca siswa.

Postingan Terkait