Pembinaan Komunitas Penggerak Literasi di Kabupaten Karawang

 Pembinaan Komunitas Penggerak Literasi di Kabupaten Karawang

Karawang — Pada 23—24 April 2024, Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Komunitas Penggerak Literasi di Kabupaten Karawang, bertempat di Hotel Asialink Premier, Jalan Raya Badami, RT 04 RW 02, Margakaya, Karawang, Jawa Barat. Kegiatan ini mengambil tema “Menciptakan Ekosistem Masyarakat Berbudaya Baca-Tulis serta Cinta Bahasa dan Sastra”.
Sasaran kegiatan pembinaan ini adalah para pengelola/pegiat komunitas penggerak literasi (TBM) yang berada di Kabupaten Karawang. Tercatat sebanyak lima puluh peserta perwakilan dari 40 komunitas penggerak literasi di Kabupaten Karawang menjadi peserta dalam kegiatan ini.
Pada hari pertama pembukaan, hadir Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Karawang, Hj. Rina Herawati, S.Sos. untuk memberikan sambutan dan arahan kepada peserta. Ibu Rina menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kompetensi pengurus komunitas literasi. Para pengurus komunitas literasi diberi bekal dan pelatihan dalam hal pengelolaan pojok baca masyarakat, optimalisasi media sosial komunitas literasi, dan penggunaan bahasa dalam media sosial.
Hari kedua kegiatan diisi dengan penyampaian materi “Penguatan Organisasi TBM” dan “Penyusunan Program Komunitas Literasi” oleh ketua FTBM Jabar, Aam Siti Aminah, A.Md. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi “Penguasaan Literasi Digital” serta “Bijak Memanfaatkan Media Informasi dalam Upaya Menangkal Hoaks.” yang disampaikan oleh Ketua TBM Bina Kreasi Muda, Sumedang, Rohman Gumilar.

Postingan Terkait