Penyuluhan Kemahiran Berbahasa Indonesia di Kabupaten Kuningan

Balai Bahasa Jawa Barat sebagai UPT Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa terus berupaya meningkatkan kemahiran berbahasa guru agar proses belajar dan mengajar di sekolah menjadi lebih berkualitas. Hal tersebut sesuai dengan salah satu tugas pokok dan fungsi Balai Bahasa Jabar, yaitu pembinaan pengguna bahasa Indonesia di Jawa Barat dan salah satu kegiatan dalam pembinaan bahasa adalah penyuluhan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, sebanyak 50 guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Kuningan, diundang  dalam kegiatan “Penyuluhan Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Tenaga Profesional dan Calon Tenaga Profesional di Kabupaten Kuningan”. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Grand Cordela, Kuningan tersebut berlangsung pada 25—27 Februari 2020.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Drs. H. Uca Somantri, M.Si., ketika membuka acara penyuluhan sangat menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut. Menurutnya, penyuluhan seperti ini sangat penting bagi para guru, khususnya guru Bahasa Indonesia, agar para guru dapat menyegarkan kembali pengetahuan dan wawasan tentang teori kebahasaan dan kesastraan.

Kartika, M.Hum., penyuluh dari Balai Bahasa Jabar, menyampaikan materi tentang Ejaan Bahasa Indonesia kepada para peserta penyuluhan di Kabupaten Kuningan.

Sementara itu, Drs. Umar Solikhan, M.Hum., Kepala Balai Bahasa Jawa Barat, dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya penyuluhan ini adalah selain untuk menambah pengetahuan kebahasaan dan kesastraan para guru, juga untuk meningkatkan kompetensi guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Kuningan dalam hal kemahiran berbahasa.

Sarip Hidayat, M.Hum. sebagai pemateri Bentuk dan Pilihan Kata.

Dalam penyuluhan tersebut, para guru disegarkan kembali pengetahuannya tentang kebahasaan dan kesastraan oleh para penyuluh dari Balai Bahasa Jabar. Materi yang diberikan yaitu Kebijakan Bahasa, Ejaan Bahasa Indonesia, Kalimat dalam Bahasa Indonesia, dan Bentuk serta Pilihan Kata. Semua materi disampaikan oleh para penyuluh dari Balai Bahasa Jabar, yaitu Umar Solikhan, M.Hum., Kartika, M.Hum., dan Sarip Hidayat, M.Hum.

Virta Fitriani, Ketua Panitia Kegiatan, berharap agar dengan adanya kegiatan ini  wawasan dan pengetahuan para guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Kuningan tentang kebahasaan dan kesastraan akan meningkat. “Setelah penyuluhan ini, kami berharap agar mutu penggunaan bahasa Indonesia, baik bahasa lisan, maupun bahasa tulis, para guru akan meningkat sehingga mereka lebih mahir dalam berbahasa Indonesia,” kata Virta.

Para guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Kuningan sangat antusias menyimak materi dalam penyuluhan bahasa Indonesia yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Jabar.

Kegiatan penyuluhan di Kabupaten Kuningan yang bertema “Meningkatkan Pengetahuan Kebahasaan dan Kesastraan untuk Menunjang Profesionalitas Guru” ini merupakan kegiatan penyuluhan pertama yang dilaksanakan Balai Bahasa Jabar pada tahun 2020. Selain di Kuningan, rencananya, Balai Bahasa Jabar juga akan mengadakan kegiatan penyuluhan bahasa Indonesia di Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Bekasi.  (DS)

Bagikan ke ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *