Prof. E. Aminudin Aziz Menjadi Kepala Badan Bahasa 2020–2024

 Prof. E. Aminudin Aziz Menjadi Kepala Badan Bahasa 2020–2024

Prof. Endang Aminudin Aziz, M.A., Ph.D. pada Jumat pagi, 8 Mei 2020, secara resmi dilantik sebagai Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) periode 2020—2024 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim. Pelantikan yang dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi konferensi video tersebut disiarkan secara langsung melalui akun resmi YouTube Kemendikbud.

Dalam sambutannya, Mendikbud mengatakan bahwa pendidikan di Indonesia harus mengikuti perkembangan zaman dan tentunya memperhatikan pelaku pendidikan itu sendiri, yaitu manusianya. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan harus memberikan kebebasan kepada insan pendidikan dan insan budaya untuk berkreasi, berinovasi, dan berpartisipasi aktif memajukan pendidikan dan kebudayaan. Mendikbud berpesan kepada para pejabat pimpinan tinggi madya yang baru saja dilantik agar hal tersebut menjadi tantangan dan motivasi kuat untuk mewujudkan “Merdeka Belajar” sehingga berjalan secara efektif dalam sistem pendidikan di Indonesia.

Prof. Endang Aminudin Aziz, M.A., Ph.D. adalah Guru Besar Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung. Pria kelahiran Ciamis, 16 November 1967 ini memiliki latar belakang keilmuan pendidikan bahasa Inggris. Jenjang pendidikan tingginya diawali dari D-2 hingga S-1 Pendidikan Bahasa Inggris (1986—1991) di IKIP Bandung. Kemudian, beliau melanjutkan program S-2 dan S-3 bidang linguistik di Universitas Monash, Australia (1994—2000). Ranah ilmu keahliannya adalah pragmatik, sosiolinguistik, dan filsafat bahasa.

Proses pelantikan para pejabat Kemendikbud yang dilakukan secara daring.

Selain menjadi Guru Besar Linguistik di UPI Bandung sejak 2007, riwayat karier Prof. Aminudin yaitu pernah menjabat Kepala Pusat Bahasa, Kemendikbud tahun 2010—2011 dan menjadi Wakil Rektor UPI Bandung tahun 2010—2015. Prof. Endang Aminudin Aziz, M.A., Ph.D. menggantikan Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum., yang menjabat sebagai Kepala Badan Bahasa sejak 2015 yang lalu.

Selain melantik Kepala Badan Bahasa, Mendikbud juga melantik Sekretaris Jenderal, Dirjen Kebudayaan, Inspektur Jenderal, Kepala Balitbang dan Perbukuan, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Dirjen Pendidikan Vokasi, dan Staf Ahli Bidang Regulasi Pendidikan dan Kebudayaan, serta anggota Lembaga Sensor Film (LSF) periode 2020—2024.

Berikut ini para pejabat Kemendikbud yang dilantik:

  1. Prof. Ainun Na’im, Ph.D., Sekretaris Jenderal Kemendikbud;
  2. Hilmar Farid, Ph.D., Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud;
  3. Prof. Dr. H. Muchlis Rantoni Luddin, Inspektur Jenderal, Kemendikbud;
  4. Totok Suprayitno, Ph.D., Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kemendikbud;
  5. Dr. Iwan Syahril, Ph.D., Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbud;
  6. Wikan Sakarinto, Ph.D., Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbud;
  7. Chatarina Muliana Girsang, M.H., Staf Ahli Bidang Regulasi Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Postingan Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.