Sosialisasi Pemartabatan Bahasa Negara pada Ranah Hukum di Kabupaten Purwakarta

 Sosialisasi Pemartabatan Bahasa Negara  pada Ranah Hukum di Kabupaten Purwakarta

Purwakarta—Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pemartabatan Bahasa Negara pada Ranah Hukum di Kabupaten Purwakarta. Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Harper Purwakarta, 2 Mei 2023 ini dihadiri oleh 20 peserta dari tiga lembaga hukum di Kabupaten Purwakarta. Lembaga-lembaga hukum tersebut meliputi kepolisian resor, pengadilan negeri, dan kejaksaan negeri.

Acara dimulai dengan sambutan Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat, Dr. Herawati, S.S., M.A. Selanjutnya, Kepala Balai memaparkan program-program kebijakan bahasa dan tiga program prioritas Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat. Pada sesi kedua, Devyanti Asmalasari, M.Pd. tampil sebagai pemateri yang menyampaikan bahasan terkait dengan teknis kebahasaan dalam ranah hukum dan ejaan dalam tata naskah dinas.

Pada kegiatan ini para peserta sangat antusias terutama ketika berbicara tentang kekeliruan-kekeliruan berbahasa yang sering dialami masing-masing. Mereka berharap kegiatan ini terus berlanjut sehingga pemahaman mereka terkait kebahasaan dapat meningkat yang secara tidak langsung akan menjadi contoh dalam pemartabatan bahasa negara—bahasa Indonesia—di ruang publik dan dokumen resmi lembaga. Menurut Herawati, “Bahasa yang lazim digunakan, belum tentu itu yang benar.”

Postingan Terkait