Visi dan Misi Balai Bahasa Jawa Barat

Sejarah Singkat Balai Bahasa Jawa Barat

Pasal 36 UUD 1945 menyebutkan bahwa bahasa resmi negara adalah bahasa Indonesia. Berlandaskan pada pasal tersebut Pemerintah Indonesia berusaha melestarikan, membina, dan mengembangkan bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Sebagai tindak lanjutnya, pemerintah membentuk lembaga yang bernama Pusat Bahasa (sebelumnya pada tahun 1966 bernama Lembaga Bahasa dan Budaya, kemudian diubah menjadi Lembaga Bahasa Nasional pada tahun 1969. Sejak April 1975 Lembaga Bahasa Nasional diubah menjadi Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, lalu nama tersebut diubah lagi menjadi Pusat Bahasa pada tahun 1999 dan sejak tahun 2009 berubah menjadi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Lembaga ini berada di bawah Departemen Pendidikan Nasional.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa mempunyai tugas utama mengembangkan dan membina bahasa dan sastra Indonesia dan daerah. Mengingat wilayah yang harus dijangkau meliputi seluruh Indonesia, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa mendirikan balai-balai bahasa di seluruh Indonesia. Balai bahasa yang berada di Provinsi Jawa Barat adalah Balai Bahasa Jawa Barat. Balai Bahasa Jawa Barat resmi berdiri pada bulan September 1999.

Visi dan Misi Balai Bahasa Jawa Barat

Balai Bahasa Jawa Barat memiliki visi terwujudnya Balai Bahasa sebagai lembaga penelitian yang unggul dan pusat informasi serta pelayanan di bidang kebahasaan dan kesastraan (Indonesia dan daerah) di Jawa Barat.

Selain itu, Balai Bahasa Jawa Barat memiliki misi sebagai berikut:

  1. meningkatkan mutu bahasa dan sastra;
  2. meningkatkan sikap positif masyarakat terhadap bahasa dan sastra;
  3. mengembangkan bahan informasi kebahasaan dan kesastraan;
  4. mengembangkan tenaga kebahasaan dan kesastraan;
  5. meningkatkan kerja sama kebahasaan dan kesastraan.

Postingan Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.